Gubernur Al Haris Terbitkan Surat Edaran Antisipasi Kualitas Udara Yang Memburuk

  • Bagikan

Lenterafaktual.com | Jambi – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH mengeluarkan Surat Edaran (SE) Resmi dengan nomor 1377/SE/DLH-3/2023 tentang Antisipasi Kualitas Udara Yang Memburuk di Provinsi Jambi. Hal ini disampaikannya usai mendampingi Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang melaksanakan Kunjungan kerja di Provinsi Jambi, Kamis (07/09/2023).

“Tugas kami sebagai satgas yaitu mengatasi kebakaran lahan supaya tidak meluas termasuk kami sudah menerbitkan SE, kemudian meminta Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk melihat kondisi kualitas udara jika semakin memburuk maka perlu diambil langkah-langkah untuk meliburkan siswa sekolah dan yang terakhir kami juga meminta Dinas Kesehatan Provinsi Jambi untuk membagikan masker kepada masyarakat,” ujar Gubernur Al Haris.

Dalam Surat Edaran nomor:1377/SE/DLH-3/2023, terdapat 3 point penting imbauan Gubernur Al Haris, yaitu 1) Mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan seperti kegiatan upacara, olahraga, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dan kegiatan lainnya. 2) Jika berada di luar ruangan agar menggunakan masker untuk mengurangi dampak gangguan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 3) Jika asap semakin pekat dan kondisi ISPU menunjukkan pada level tidak sehat, sekiranya para bupati/wali kota se-Provinsi Jambi, dan Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemprov Jambi dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan. Termasuk kemungkinan meliburkan anak sekolah.

Baca Juga :  Diduga Keracunan CO2, Lima Karyawan Buruh PT KT Nipah Panjang Meninggal Dunia

Kemudian orang nomor satu di Provinsi Jambi ini juga mengungkapkan kondisi lahan terbakar yaitu berjumlah 501 Ha, akan tetapi belum dilihat secara detail karena dari sumur-sumur minyak akan terlihat hotspot apinya.

“Selain itu penyebab kebakaran lahan ini yaitu angin yang bertiup dari arah selatan menuju Jambi. Kemudian kita juga menyiapkan water bombing yang digunakan untuk memanipulasi hujan buatan,” pungkas Gubernur Al Haris.
Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Dr. H.

Dudung Abdurachman, S.E., M.M dalam jumpa pers dengan para awak media memuji Gubernur Al Haris bersama tim satgas kebakaran hutan yang terlihat sangat kompak dalam mengatasi kebakaran lahan ini.

“Alhamdulillah, saya melihat Provinsi Jambi dibawah komando pak Gubernur Al Haris ini terlihat sangat kompak dan bersinergi dalam mengatasi kebakaran lahan, sehingga ini bisa diantisipasi lebih awal,” ujar Dudung.
Jenderal Dudung juga mengatakan bahwa dirinya turun langsung meninjau bersama Gubernur Jambi, Pangdam Sriwijaya, Kapolda, Danrem dan Komisi I DPR RI di 3 titik kebakaran lahan.

Baca Juga :  Ketua DPRD Provinsi Edi Purwanto Melakukan Kunjungan Ke Paguyuban Krida Turonggo Setto dan Paguyuban Sari Wahyu Budoyo

“Alhamdulillah Jambi masih sangat baik dan saya juga berkoordinasi terkait peralatan yang ada. Saya sudah koordinasi bersama gubernur dan gubernur akan mendukung secara langsung peralatan, baik untuk Babinsa dan Kepolisian, dan semuanya akan dievaluasi. Dimana kekurangannya nanti akan didukung,” kata Dudung. (*)

Baca juga berita kami di:
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan