KPU Tanjabtim Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu 2024

  • Bagikan

Lenterafaktual.com | TANJAB TIMUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Timur hingga kini terus gencar melakukan safari sosialiasi serta persiapan jelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Kali ini KPU Tanjung Jabung Timur menggelar sosialisasi dengan menyasar 40 orang segmen pemilih pemula yang merupakan perwakilan dari Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Tanjung Jabung Timur. Selasa (19/9/2023).

Ketua Komisioner KPU Tanjung Jabung Timur, Hodijatul Qubro S.Pd.I mengungkapkan tujuan diadakan sosialisasi untuk segmen pemilu pemula kali ini yakni agar para siswa-siswi atau para pelajar dapat menjadi agen-agen sosialisasi KPU.

“Adik-adik siswa-siswi SMA/SMK diundang harapannya membantu KPU menjadi agen-agen sosialisasi untuk menyampaikan informasi Pemilu 2024 ke teman-teman, guru-guru, keluarga serta lingkungannya,” ujar Ketua KPU.

Selanjutnya, pemilih pemula merupakan calon pemimpin masa depan dan pertama kalinya untuk memberikan hak pilihnya pada PEMILU.

“Sehingga perlu diberi pemahaman yang baik tentang demokrasi,” ujar Ketua KPU Tanjabtim.

Sosialisasi dan pendidikan pemilih dapat dikatakan berhasil bila siswa-siswi yang telah memiliki hak pilih ada peningkatan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari apatis menjadi setuju dengan pemilu/pemilihan, serta mau menggunakan hak pilih dengan datang ke TPS.

Baca Juga :  DPRD Kota Jambi Gelar Rapat Paripurna Pandangan Umum fraksi

Lebih lanjut, Ketua KPU meminta kepada Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Kuala Jambi untuk mendata serta membantu bagi Siswa-siswi yang belum memiliki KTP.

“Bagi Siswa-siswi yang sudah memiliki KTP sendiri agar mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih,” harapnya

Wakil Kepala Sekolah SMA N 9 Tanjung Jabung Timur, Azimi mengatakan kegiatan sosialisasi ini sangatlah penting bagi pemilih pemula untuk menambah pengetahuan serta wawasan terkait PEMILU.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan serta wawasan bagi siswa-siswi Kami,” ucapnya.

Baca juga berita kami di:
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan