Ormas MKGR Provinsi Jambi Support Ekspedisi Milir Berakit

  • Bagikan

Lenterafaktual.com | JAMBI – Pinto Jayanegara yang merupakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi yang sekaligus Ketua Ormas MKGR Provinsi Jambi dan Ketua Yayasan Sahabat Sungai Batanghari (YSSB) menyampaikan dalam konferensi pers nya.

Pinto menyampaikan “Kita mencoba menghidupkan kembali sungai Batanghari, sebagai urat nadi ekononomi dan transportasi di Jambi, dan menjernihkan kembali ekosistem di sungai Batanghari

ekspedisi Milir Berakit I yang diadakan dari tanggal 30 Desember 2022 hingga 6 Januari. Kegiatan ini di fasilitasi ada 17 rakit. 15 unit rakit dari YSSB, 2 rakit dari swadaya masyarakat. Tim milir berakit dimulai dari Sungai Tembesi Sarolangun berakhir dan berlabuh di Sungai Batanghari tepatnya di taman tanggo rajo Kota Jambi.

“2 juta lebih masyarakat Jambi ini minum air sungai batanghari, ayo kita jernihkan. Kita tingkatkan kesadaran revitalisasi sungai batanghari ini”

Lebih lanjut Ketua Panitia, Sigit mengatakan “YSSB khususnya tentang Sungai Batanghari, sungai ini salah satu. Yang disebutkan oleh ketua nantinya ke depan kita akan juga telusuri ada 9 anak sungai atau 9 lurah. Kemudian terkait percandian yang di sampaikan oleh Pak Pinto kenapa candi muara jambi merupakan pusat kebudayaan berdasarkan penelitian ternyata ada ratusan candi selain candi Muara Jambi disepanjang aliran sungai batanghari sampai ke muara sabak, bahkan di sabak pun ada candi”.

Baca Juga :  Sibuk Dinas Luar Daerah Bupati Tanjab Barat Lupa Peringati 1 Muharram

Dengan diselenggaranya kegiatan ini diharapkan mampu memberi semangat dan mengedukasikan kepada masyarakat betapa pentingnya mengenali sejarah dari fungsi sungai batanghari ini.(fad)

Baca juga berita kami di:
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *