Gubernur Al Haris Pimpin Apel Kesiapsiagaan Erupsi Gunung Kerinci

  • Bagikan

Lenterafaktual.com | KERINCI – Gubernur Provinsi Jambi, Al Haris, memimpin apel bersama kesiapsiagaan bencana erupsi Gunung Kerinci, di lapangan PT PN 6 Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Sabtu (14/1/2023).

Apel ini dilakukan untuk menindaklajuti aktivitas erupsi Gunung Kerinci yang sepanjang minggu kedua Januari 2023 yang terus meningkat, hingga saat ini gunung tertinggi di Sumatera ini berstatus waspada level 2.

Seperti diketahui, Gunung Kerinci mengalami erupsi dengan ketinggian mencapai 1.200 meter pada pukul 18.10 WIB, Kamis sore, 12 Januari 2023.

Apel kesiapsiagaan tersebut dihadiri oleh Danrem 042/Garuda Putih, Kapolda Jambi, Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kepala BPBD Provinsi, Kepala BMKG, Bupati Kerinci, Wali Kota Sungaipenuh, dan unsur Forkopimda lainnya.

“Tujuan diadakan Apel Siaga ini dimaksudkan agar menyiapkan segala sesuatu dengan jelas, agar mitigasi bencana ini dapat berjalan dengan baik,” kata Al Haris dalam sambutannya.

Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kornelis mengatakan, Gubernur Jambi memerintahkan seluruh instansi termasuk Basarnas untuk mempersiapkan peralatan serta personil bersiaga di daerah Gunung Kerinci untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Ketua DPRD Provinsi Minta Pasang Tanda Bahaya di Sungai Batanghari

“Basarnas Jambi dengan pos terdekat yaitu Pos SAR Kerinci memiliki peralatan dan Alut seperti peralatan ekstrikasi, peralatan HART/evakuasi di ketinggian, peralatan evakuasi di gunung hutan, peralatan komunikasi, serta peralatan medis,” ungkapnya.

“Dengan status Gunung Kerinci sekarang yg sudah memasuki level II (waspada) saya juga mengimbau untuk seluruh masyarakat agar tidak beraktivitasi di sekitaran Gunung Kerinci dengan radius 3 kilometer,” tutupnya. (pad/adv)

 

Baca juga berita kami di:
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *