Gubernur Al Haris : Sektor Pariwisata Dongkrak UMKM dan Perekonomian Masyarakat

  • Bagikan

Lenterafaktual.com | Muaro Jambi  – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos. MH mengemukakan, Festival yang digelar seperti Festival Candi menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan kekayaan budaya dan kearifan lokal serta pariwisata dan juga kuliner khas daerah, yang membangkitkan gairah UMKM yang ada di daerah setempat, dimana UMKM sendiri merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat. Hal tersebut dikemukakan Gubernur saat Pembukaan Festival Candi di Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2023, bertempat di Danau Gatal Desa Pematang Jering Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Minggu (30/07/2023).

“Pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas yang dapat menggerakkan lokomotif perekonomian masyarakat dan daerah. Potensi wisata dengan keragaman budaya dan kearifan lokal harus dikelola dan dikembangkan secara optimal, salah satunya melalui gelaran festival daerah, sebagai ajang promosi untuk menarik atensi dan minat masyarakat luas, baik turis lokal, nasional maupun global,” ucap Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menjelaskan, Candi yang berada di Desa Pematang Jering merupakan bukti sejarah yang ada di Provinsi Jambi. “Candi ini merupakan bukti sejarah di masa lampau pada Abad ke 6 dan 7 membuktikan adanya peradapan manusia dimasa lampau dengan bukti peninggalan sejarah candi yang merupakan pusat ibadah, maka kita wajib memilih arahnya. Pemerintah Provinsi Jambi dan pemerintah pusat sudah mulai menangani dengan serius dengan pembebasan lahan dan pemugarannya yang hampir rampung ditahun ini,” jelas Gubernur Al Haris.

Baca Juga :  Ketua DPRD Provinsi Jambi Kunjungi Korban Kebakaran di Desa Tendah

Gubernur Al Haris juga menjelaskan, beberapa hari yang lalu ada beberapa Biksu bersilaturahmi kerumah dinas gubernur, untuk berdiskusi. “Kami juga merencanakan akan menggelar dan melaksanakan tahun depan waisak nasional pada Candi Muaro jambi, tujuannya agar umat Budha tidak hanya Indonesia tapi juga di dunia datang ke candi Muaro Jambi. Selain itu, saya berharap nanti pak presiden bisa hadir karena itu waisak secara nasional,” jelas Gubernur Al Haris lagi.

Gubernur Al Haris mengatakan, Festival Candi di Kabupaten Muaro Jambi ini menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan kekayaan budaya dan kearifan lokal serta pariwisata yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. “Melalui kegiatan festival ini, saya berharap dapat mendorong pelaku usaha ekonomi kreatif dan pariwisata untuk turut membangkitkan serta memaksimalkan potensi budaya dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Muaro Jambi, menghasilkan produk yang unggul, berkualitas, berdaya saing serta berkelanjutan sehingga akan membangkitkan sektor pariwisata sekaligus menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan daerah,” kata Gubernur Al Haris.

Baca Juga :  Edi Purwanto Dampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman Kunker

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam upaya peningkatan pengembangan pariwisata dan budaya Kabupaten Muaro Jambi. ” Saya mengajak pemerintah dan masyarakat Kabupaten Muaro Jambi, para pelaku dan pegiat budaya dan wisata, mari kita tingkatkan lagi sinergi (kesatupaduan) dalam membangun pariwisata Kabupaten Muaro Jambi,” ungkap Gubernur Al Haris.

“Teruslah meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi untuk menemukan potensi wisata baru Kabupaten Muaro Jambi dan kemudian dikelola dan dioptimalkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan daerah,” sambung Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga berharap Festival Candi ini dapat memunculkan motivasi dan inspirasi untuk terus menggali berbagai potensi lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Muaro Jambi khususnya dan Provinsi Jambi umumnya, serta mengelolanya secara maksimal dan mempromosikannya, misalnya melalui travel video dengan menjadikan pariwisata lokal sebagai content marketing. “Festival Candi ini dapat memunculkan motivasi dan inspirasi untuk terus menggali berbagai potensi lokal yang dimiliki oleh kabupaten, melalui travel video dengan menjadikan pariwisata lokal sebagai content marketing,” harap Gubernur Al Haris.

Baca Juga :  Putusan MK tentang Syarat Usia Capres-Cawapres, KNPI Jatim: ini Penghargaan buat generasi muda Indonesia

Sementara itu, Pj. Bupati Kabupaten Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH,MH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang terus mendukung kegiatan Festival Candi yang diselenggarakan, selain itu, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Muaro Jambi yang sangat aktif mendorong percepatan wisata yang ada di kabupaten Muaro Jambi bisa dapat berkembang.

“Saya berharap lewat Festival Candi Muarojambi ini bisa memberi dampak positif seperti meningkatnya perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja baru dibidang parwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya. (*)

Baca juga berita kami di:
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *