Ketua DPRD Tanjab Timur Menghadiri Musrenbang Kecamatan Geragai

  • Bagikan
Ketua DPRD Tanjab TImur Menghadiri Musrembang Kecamatan Geragai

lenterafaktual.com | TANJAB TIMUR – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan merupakan forum tertinggi ditingkat kecamatan, dalam rangka menyusun rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2024.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), Mahruf SE, saat menyampaikan sambutan pada Musrenbang Kecamatan Geragai, yang juga dihadiri Wakil Bupati Tanjab Timur, H Roby Nahliansyah, yang digelar di Aula Kantor Camat Geragai pada Kamis, (02/02/2023).

Lanjut, Mahruf, pelaksanaan Musrenbang ini merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan Musrenbang ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan awal dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Tanjab Timur tahun 2024, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan di kecamatan dengan program atau kegiatan OPD sebagai instansi teknis pelaksana program atau kegiatan di daerah.

Baca Juga :  Edi Purwanto Sampaikan Rasa Prihatin Atas Musibah Banjir Melanda Beberapa Wilayah di Provinsi Jambi

“Yang mana pelaksanaan program atau kegiatan tersebut tentunya memerlukan dukungan penganggaran, baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, provinsi maupun APBN,” sebut Mahruf.

Disamping itu diharapkan pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media interaktif segenap stakeholders kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program atau kegiatan anggaran berikutnya.

“Forum ini juga merupakan bentuk komitmen bersama diantara para pemangku kebijakan darah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” kata Mahruf.

Selanjutnya, hasil dari Musrenbang tingkat kecamatan ini akan menjadi bahan kerja dalam forum perangkat daerah, yang selanjutnya hasil dari forum perangkat daerah akan menjadi bahan kerja dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur.

“Harapan kami dengan pelaksanaan Musrenbang ini semua sektor kebijakan yang menjadi agenda utama prioritas pembangunan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Tanjab Timur terkoneksi, sejahtera, berdaya saing, ekonomi maju, aman, nyaman dan harmonis dapat tercapai,” ungkap Mahruf.

Diakuinya, disamping keberhasilan yang dicapai, tentu masih terdapat hal-hal yang perlu terus ditingkatkan dan disempurnakan. “Kami yakin dengan semangat kebersamaan dan persatuan semua kendala dan tantangan dapat diatasi dengan baik,” ucap Mahruf.

Baca Juga :  DPRD Provinsi Jambi Gelar Rapat penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Perda Perubahan APBD

Musrenbang Kecamatan Geragai juga dihadiri Anggota DPRD Tanjab Timur Dapil 3, asisten dan staf ahli Bupati, para kepala serta perwakilan OPD, kepala desa dan lurah dalam lingkup Pemerintahan Kecamatan Geragai dan tamu undangan lainnya.(*)

Baca juga berita kami di:
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *